Categories: Bisnis Online

5 Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Menjanjikan di Masa Depan

Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, peluang usaha online di Indonesia juga ternyata mengalami kenaikan yang cukup pesat. Pertumbuhan bisnis ini terlihat sangat mencolok pada bidang bisnis online dan juga bisnis offline go online.

Nama UsahaEstimasi Budget Awal% Keuntungan/Tahun
Bakso KejuRp 10.000.000,-+ 55%
Baju MuslimahRp 52.000.000,-+ 34%
Custom Case HPRp 14.000.000,-+ 45%

Selain di bidang e-commerce (jual beli via internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi (TI). Media informasi yang dulunya melalui koran konvensional sekarang menjadi koran online seperti; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, dan masih banyak lainnya.

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apa ada usaha online yang bisa menguntungkan dalam jangka panjang? Berdasarkan pengalaman saya dan juga informasi yang saya temukan mengenai bisnis internet, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan dengan modal kecil, dan enaknya lagi bisnis ini bisa kita kerjakan dari rumah.

PELUANG USAHA ONLINE MODAL KECIL

1. Bisnis Internet Menjual Produk Orang Lain

Menurut saya, bisnis yang satu ini adalah salah satu jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Alasannya adalah, konsumen di Indonesia sudah banyak yang mulai beralih ke online, dan menjalankan bisnis internet tidak perlu modal besar lho, bahkan nyaris tanpa modal.

2. Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website

Menjual jasa menulis adalah salah satu jenis bisnis online yang paling laris di Indonesia saat ini. Alasannya, karena sekarang ini banyak media blog/ website bermunculan dan membutuhkan penulis untuk mengisi konten website tersebut.

3. Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog

Usaha online yang satu ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki kemampuan dalam membangun sebuah website atau blog. Kita tidak perlu punya keahlian yang sangat hebat dalam menyusun kode-kode website dari nol karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah dalam membangun sebuah website/ blog yang bagus.

4. Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online

Bisnis ini cukup banyak dilakukan oleh pebisnis online. Seorang makelar adalah orang atau sebuah perusahaan yang bertugas untuk mempertemukan antara penjual sebuah produk/ jasa kepada calon pembeli. Tentunya untuk menjadi seorang makelar, kita harus memiliki jaringan dan kenalan yang cukup luas.

5. Bisnis Offline Go Online

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, model bisnis offline juga bisa dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan dan branding. Ada banyak pengusaha bisnis UKM yang berhasil mengembangkan bisnisnya dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda setelah memasarkan bisnisnya secara online. Tentu saja harus ada sebuah bisnis atau produk yang akan dijual.

Beberapa contoh bisnis offline go online:

  • Berjualan sayur via marketplace
  • Memasarkan rendang via YouTube
  • Menjual camilan via Instagram
  • Menjual sepatu via Facebook
  • Memasarkan bawang goreng via Google Ads
  • Dan lain-lain

Selain yang disebutkan di atas, tentu masih ada banyak ide usaha online yang bisa dijalankan dari rumah. Dalam menjalankan bisnis online tersebut, tentunya kita harus memiliki perangkat komputer dan akses internet yang baik. Untuk media promosi, kita bisa memanfaatkan media sosial, blog pribadi, media iklan, email marketing, dan lain-lain.

Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan bahwa bisnis online harus disertai dengan kemampuan dalam melakukan pemasaran yang efektif. Di bawah ini adalah salah satu contoh video marketing. Di dalam video tersebut dijelaskan tentang pentingnya pemasaran secara online untuk meningkatkan brand dan keuntungan bisnis. Lihat videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=fK6kxOYJDt4
Bagas Pramudita

Seorang Praktisi Digital Marketing, SEO Specialist & Creativepreneur

Share
Published by
Bagas Pramudita

Recent Posts

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog Hingga Ratusan Juta

Saya ingat salah seorang teman saya dulu bilang begini: “Blogger-blogger ini nulis informasi lengkap, bisa…

5 years ago

5 Tips Memulai Bisnis Online dengan Mudah

Apakah Anda sedang mencari penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau, apakah Anda juga sedang…

5 years ago